Senin, 09 Juni 2008

Sebelum Mengambil Beasiswa

Ketika mendapat beasiswa apa yang harus diperhatikan sebelum mengambil beasiswa?
1. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang lembaga pemberi beasiswa.
2. Perhatikan dengan jelas persyaratan (hak dan kewajiban) yang harus Anda penuhi dalam kontrak. Pertimbangkan dengan baik untung dan ruginya, missal lihat apakah ada tanggung jawab yang mengikat. Bila ada, lihat apakah Anda sanggup memenuhinya.
3. Perhatikan betul fasilitas apa saja yang ditawarkan lembaga pemberi beasiswa. Karena tidak semua lembaga memberi fasilitas penuh. Pertimbangkan apakah Anda bisa mensupport biaya lain yang tidak bisa diberikan.
4. Kuatkan tekad, karena menerima beasiswa bukan hal yang mudah. Banyak tanggung jawab yang harus Anda jalankan. Untuk itu Anda perlu tekad, komitmen yang kuat, kerja keras dan disiplin yang tinggi dalam menjalankannya. Sekali Anda lalai, Anda akan kehilangan kesempatan.
5. Perbaiki nilai TOEFL, bila Anda memilih studi di luar negeri. Ini mutlak diperlukan untuk memudahkan Anda belajar dan berkomunikasi.
6. Mantapkan visi. Anda melanjutkan studi bukan untuk gaya-gayaan, tapi karena Anda tahu betul itu kebutuhan Anda. Untuk itu tanyakan beberapa hal berikut pada diri Anda:
* Anda ingin menjadi “apa”?
* Untuk bisa menjadi “apa”, kompetensi apa yang Anda butuhkan untuk menjadi orang seperti yang Anda inginkan?
* Apa kompetensi yang Anda miliki sekarang?
* Bila Anda menemukan kesenjangan antara kompetensi yang Anda butuhkan dengan kompetensi yang ada sekarang, maka tentukan langkah yang harus Anda lakukan untuk memenuhi kompetendi itu. Dengan kata lain, bila Anda memutuskan untuk melanjutkan studi, putuskan bidang apa yang ingin Anda pelajari, apa spesifikasinya. Di zaman sekarang ini tidak cukup bila hanya mempelajari ha-hal umum saja. Anda harus benar-benar focus pada satu bidang, agar performance Anda tidak medioker, tapi benar-benar excellent. Bila hanya mencapai tingkat medioker, Anda takkan bisa menang di dunia kerja, karena banyak sekali kompetitor.
7. Persiapkan mental dan keimanan. Terutama bagi Anda yang melanjutkan studi ke luar negeri. Karena beradaptasi dengan perbedaan kultur bukanlah hal yang mudah.
8. Latihan psikotes.
9. Lihat juga bagaimana lembaga tersebut bisa mensupport Anda setelah menjadi Alumni.

Tidak ada komentar: