Senin, 09 Juni 2008

Kiat Cerdik Berburu Beasiswa

Berburu beasiswa susah-susah gampang. Tapi sepanjang Anda sedikit usaha mencari informasi, mengirimkan aplikasi dan ikut seleksi, bukan masalah. Jangan lupa, kenali lebih jauh lembaga pemberi besiswa agar Anda tahu persyaratan dan tuntutan apa yang mereka butuhkan.
Sejumlah lembaga pemberi beasiswa biasanya mengajukan beragam persyaratan terhadap calon penerima beasiswa. Ada yang mensyaratkan tanggung jawab mengikat seperti Sampoerna Foundation dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Ada pula yang tidak mengajukan ikatan sama sekali seperti Chevening Award dari British Council.
Sampoerna Foundation misalnya, menggariskan setelah 6 bulan menamatkan studi, para penerima beasiswa harus memberikan sumbangsih dana secara kolektif untuk membiayai mahasiswa lain agar dapat meneruskan studi. Selama masa studi, penerima beasiswa akan ambil bagian dalam berbagai kegiatan pengembangan diri, seperti kursus bahasa Inggris dan kunjungan sosial. Penerima beasiswa juga harus mengikuti program magang.
Sementara Dikti mengharuskan alumnusnya mengabdi selama 5 tahun di instansi pemberi beasiswa. Menurut Kasubdit Ketenagaan Perguruan Tinggi Dikti Drs. H. A. Hidayat MM, hal itu selaras dengan tujuan Dikti, yakni mengembangkan dan meningkatkan kualitas dosen perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Informasi lengkap tentang beasiswa dapat Anda peroleh di situ-situs berikut:
http://www.dikti.org/
http://www.sampoernafoundation.org/
http://www.chevening.or.id/
http://www.habibiecenter.or.id/
http://www.hochshulkompass.de/
http://www.adsjakarta.or.id/
www.usembassyjakarta.org/aminef
http://www.nec.or.id/
http://www.id.emb-japan.go.jp/
http://www.daad.de/
http://www.ubd.edu.bn/
Sumber : ALIA

Tidak ada komentar: